cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
EDUSAINS
Published by Universitas Jambi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam is published twice a year e-ISSN 2503-2275 online writing conceptual notions, studies and application of theories, practitioners' writing and research results and teaching in the field of education.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 2 (2022): Juli 2022" : 5 Documents clear
Deskripsi Keterampilan Proses Sains Dasar Siswa Di SMA 6 Muaro Bulian: Description of Basic Science Process Skills of Students at SMA 6 Muaro Bulian Astalini; Darmaji; Dwi Agus Kurniawan; Wita Ardina Putri
Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 11 No. 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmpmipa.v12i1.25423

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa pada materi rangkaian arus searah di SMAN 6 Muara Bulian. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitaitf. Metode deskriptif merupakan suatu metode yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah data yang diperoleh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi untuk mengukur keterampilan proses sains siswa serta dokumentasi sebagai instrumen pendukung. Sampel dari penelitian ini yaitu SMAN 6 Muara Bulian. Subjek yang diambil yaitu siswa kelas XII IPA yang berjumlah 30 responden. Penelitian ini hanya melihat keterampilan proses sains dasar yang dimiliki oleh peserta didik. Keterampilan proses sains dasar yang di amati yaitu indikator mengamati, mengklasifikasi, memprediksi, mengukur, mengkomunikasikan, dan menyimpulkan. Hasil dari persentasi indikator mengamati yaitu 50% dengan kategori baik, mengklasifikasi 40% dengan kategori baik, memprediksi 36,7% tergolong dalam kategori cukup, mengukur 53,5% tergolong kategori baik, mengkomunikasikan 36,7% dengan kategori baik, dan menyimpulkan 53,5% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains siswa di SMAN 6 Muara Bulian dapat dikategorikan baik.
Meningkatkan HOTS Peserta Didik SMPN 22 Tanjab Timur Menggunakan Model Problem Based Learning: Improving HOTS of SMPN 22 Tanjab Timur Students Using Problem Based Learning Model Antrans Girindrawardana; Kamid Kamid; Nazarudin Nazarudin
Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 11 No. 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmpmipa.v11i2.10509

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan HOTS peserta didik SMPN 22 Tanjab Timur dalam penyelesaian soal dengan menganalisa, mengevaluasi, dan mengkreasi pada materi getaran dan gelombang dengan menggunakan model problem based learning. Jenis penelitian adalah penelitian campuran dengan menggunakan desain ekplanatori. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, Instrumen Penilaian afektif, psikomotorik dan kognitif serta respon pesert didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif, hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan model problem based learning dengan tahapan sintak lebih memudahkan peserta didik dalam memahami konsep serta menganalisa dan mengevaluasi permasalahan yang dihadapi ketika pembelajaran berlangsung serta lebih meringankan pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik, dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Dilihat dari ranah afektif, kemampuan peserta didik lebih baik dalam berinteraksi dengan pendidik dan teman sebaya dan lebih memahami diri sendiri, ranah afektif mendapatkan skor rerata 3,06. Ranah psikomotorik pada pertemuan pertama skor 2,42 dan pertemuan kedua skor 2,61, Ranah penilaian kognitif dalam pembelajaran di pertemuan pertama dan kedua dengan model PBL mendapatkan skor 70,71 diatas KKM disyaratkan yaitu 70,00. Hasil pengisian angket, peserta didik merasa lebih nyaman dan termotivasi untuk belajar dengan memecahkan permasalahan yang diberikan di awal pembelajaran.
Pengaruh Penerapan E-Modul Larutan Asam Basa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar : Effect of Applying Acid-Base Solution E-Module with STAD Type Cooperative Learning Model on Learning Outcomes Novi Hardawati; Harizon; Muhaimin
Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 11 No. 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmpmipa.v11i2.4979

Abstract

Dalam pembelajaran di sekolah, guru kimia sudah terbiasa menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok. Namun metode digunakan guru belum berjalan maksimal dikarenakan masih banyak siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Penyebabnya sumber belajar siswa hanya terfokus pada penjelasan dari guru. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat bagaimana pengaruh hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang menggunakan e-modul larutan asam basa dan yang tidak menggunakan e-modul. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari dua kelas yakni kelas X BKP jumlah siswa 30 orang dan X TGEO jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yakni, lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Lembar observasi yang digunakan terdiri dari lembar observasi siswa dan lembar observasi pembelajaran. Sedangkan tes hasil belajar kimia disajikan dalam bentuk soal objektif (pilihan ganda) sebanyak 10 soal pada masing-masing materi untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data menggunakan ANCOVA. Hasil perhitungan dari uji ANCOVA menggunakan SPSS versi 16.0, menunjukkan nilai t= 0.027 < 0.05 dengan demikian H1 diterima yang artinya ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Analisis Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP Dengan Materi Kubus Dan Balok: Analysis Of Junior High School Students' Mathematical Understanding Ability With Material Cubes And Blocks Rizal Fahmy Fasya; Ferry Ferdianto
Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 11 No. 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmpmipa.v11i2.5240

Abstract

Matematika merupakan salah satu bagian yang penting dalam ilmu pengetahuan. Apabila dilihat dari sudut pengklasifikasian bidang ilmu pengetahuan, matematika termasuk ke dalam ilmu-ilmu eksakta yang lebih memerlukan pemahaman dibandingkan hapalan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meninjau sejauh mana kemampuan pemahaman matematika siswa sekolah menengah pertama yang meliputi indikator menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, menerapkan rumus pada kasus matematika serta melaksanakan perhitungan rutin dan algoritmik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Untuk populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTS PUI Banjaran dengan sampel penelitiannya yaitu 10 orang siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu random sampling. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu soal tes berbentuk uraian yang berjumlah lima soal. Untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa sebesar 30%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa siswa masih kurang dalam kemampuan pemahaman konsep matematika.
Pendekatan STEM Dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Untuk Meningkatkat Critical Thinking Skill Dan Science Process Skill: The STEM Approach in the Development of Middle School Science Learning Tools to Improve Critical Thinking Skills and Science Process Skills Yustina Novi Kurniati; Suyanta
Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 11 No. 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmpmipa.v11i2.27408

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran IPA dengan pendekatan STEM yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran IPA yang dikembangkan berupa RPP, LKS, dan assessment keterampilan critical thinking dan scinence process skill. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R & D). Metode R & D yang digunakan menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa angket validasi kelayakan perangkat pembelajaran IPA dengan pendekatan STEM yang dikembangkan. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis kelayakan perangkat pembelajaran oleh dua dosen ahli, tiga guru IPA, dan lima belas orang siswa pada uji lapangan terbatas untuk mengetahui respon siswa terhadap LKS yang dikembangkanHasil penelitian berupa hasil validasi pengembangan perangkat pembelajaran IPA dengan pendekatan STEM oleh dosen ahli, dan guru IPA. Rata-rata hasil validasi RPP yang dikembangkan yaitu 97% yang berada dalam kategori sangat baik. LKS yang dikembangkan juga memperoleh skor validasi 3.36 yang berada pada kategori baik. Hasil kelayakan lembar observasi untuk menilai keterampilan critical thinking dan science process skill siswa masing-masing memperoleh skor 95.5% dan 88.9% yang berada pada kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan perangkat pembelajaran IPA dengan pendekatan STEM layak digunakan dalam pembelajaran IPA.

Page 1 of 1 | Total Record : 5